Info Gua Maria

 
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • default color
  • blue color
  • green color
Home Ziarah Kemana? Gua Maria Jawa Barat Gua Maria Gunung Karmel. Lembang
Gua Maria Gunung Karmel. Lembang PDF Print E-mail

Doa di hadapan Gua Maria, Retret, dan Jalan Salib, serta bermeditasi di depan makam Yesus telah menjadi semangat hidup dari Biara Karmel OCD, Lembang-Bandung. Biara Karmel, dalam kesehariannya,  mengabdikan seluruh hidupnya untuk berdoa. Mereka berdoa dalam keheningan. Mereka sangat menjunjung tinggi semangat dan cara hidup kontemplatif.  Suasana itulah yang membuat banyak umat dari berbagai daerah menarik diri dari kesibukan rutin yang penuh hingar bingar untuk mampir sejenak di Biara Susteran Karmel Lembang, Bandung untuk merasakan kehadiran Tuhan dalam kehidupan mereka.  Biara Karmel didirikan pada tahun 1940. Kehidupan para suster di Biara ini sangat unik. Suasananya sangat hening. Suasana itu terasa di seluruh komplek Biara. Mereka menghabiskan banyak waktu untuk bekerja dan berdoa. Selain itu, mereka tidak mengenakan kasut alias alas kaki.

Fasilitas Ziarah


1. Gua Maria, Stasi Jalan Salib dan Makam Yesus
Biara ini hampir setiap hari dikunjungi umat. Mereka melakukan prosesi Jalan Salib di Taman Getsemani, berlutut di Gua Maria, atau bermeditasi di makam Yesus. Pokoknya, tergantung pada intensi dari masing-masing peziarah. Ada juga peziarah yang datang dengan membawa intensi yang minta untuk didoakan oleh para suster di Biara Karmel itu. Salah satu misi para biarawati Karmel adalah mendoakan intensi umat.  Umat yang berkunjung ke Biara ini sangat beragam. Ada yang datang secara pribadi, kelompok/lingkungan gereja, keluarga, karyawan dan mahasiswa/i. Para suster tidak pernah menanyakan siapa saja mereka. Yang terpenting, mereka datang untuk berdoa dalam keheningan.  Fasilitas-fasilitas doa tersebut selesai dibangun pada tahun 1992 dan diberkati oleh Uskup Bandung Mgr Alexander Djajasiswaja. Semuanya  dibangun di tengah kebun sehingga suasananya benar-benar hening, ditambah dengan hawa pegunungan yang sejuk dan segar.


2. Rumah Retret
Biara Karmel Lembang, Bandung dilengkapi dengan tempat retret, yaitu Rumah Gunung Karmel, yang dikelola secara profesional. Rumah retret ini dikelola oleh awam. Kegiatan retret merupakan salah satu fokus kegiatan para Suster OCD. Rumah retret dengan banyak kamar ini terletak sekitar 100 meter dari Biara Karmel OCD. Rumah Retret Gunung Karmel terbuka untuk umum. Kegiatannya pun tidak hanya dibatasi untuk kegiatan rohani seperti retret, rekoleksi dan kebaktian, tetapi juga untuk seminar. Khusus untuk kegiatan yang terakhir ini harus mendapat izin tertulis dari suster. Pembimbing rohani atau penceramah disiapkan sendiri oleh mereka yang ingin melakukan retret, rekoleksi, kebaktian ataupun seminar.  Rumah retret itu dilengkapi dengan kamar tidur. Satu kamar tidur bisa menampung 10 tempat tidur. Semua kamar tidur tertata rapi dengan kamar mandi dan WC yang bersih.  Ruang pertemuan juga terawat sehingga sangat nyaman dipakai. Daya tampungnya berkisar antara 30 -100 orang.



Doa kepada Bunda Maria dari Gunung Karmel

Ya Bunda Karmel yang elok, pohon anggur yang lebat buahnya, pancaran cahaya sorga, suci dan satu-satunya, yang bersedia membawa doa-doa kami kepada Putera Allah. Bunda yang tetap perawan murni, bantulah aku dalam ujubku ini. Ya Bintang Laut, tolong dan lindungilah aku. Tunjukkanlah kepadaku bahwa engkaulah Bundaku. Pola dan teladan dari semua orang yang mengenakan skapulir, doakanlah kami! Pengharapan dari semua orang yang menjelang ajalnya yang mengenakan skapulir, doakanlah kami. Ya hati yang manis dan lembut dari Bunda Maria, jadilah keselamatan kami. Amin.


Rute Perjalanan:

  1. Dari Bandung menuju Lembang/Subang belok ke kiri ke jalan Karmel II ke Biara Santa Maria di Bethlehem, OCD (Ordo Carmelitorum Discalceatorum) Lembang, sampai ke Gua Maria.
  2. Dari Subang mengikuti arah menuju ke Bandung (searah) belok ke kanan kembali ke arah Subang, belok ke kiri ke jalan Karmel II seperti tersebut di atas.


Informasi
Susteran OCD
Rumah Retret Gunung Karmel
Jl. Karmel I, No.112, Lembang 40391
Jawa Barat- Indonesia.
Telp.(022) 278-6519.
Pagi 08.00-12.00 WIB
Sore 16.00-20.00 WIB.


Akomodasi

  • Biaya pemakaian Rumah Gunung Karmel relatif murah, rata-rata Rp 40.000 per orang. Biaya itu sudah termasuk  makan (tiga kali sehari) snack (dua kali sehari) dan penginapan.  Namun, sewaktu-waktu biaya bisa berubah.
  • Sebab itu, mereka yang berminat sebaiknya melakukan survei terlebih dahulu. Di luar biaya itu, peserta yang membawa peralatan seperti televisi, video, OHP untuk presentasi dan perangkat komputer dikenakan biaya tambahan.

 

 

Add comment

Silahkan mengisi komentar bagi Anda yang pernah berkunjung ke Gua Maria ini, untuk membantu peziarah lain berkunjung ke Gua Maria ini


Security code
Refresh